Pendidikan Karakter Di IPB

Pendidikan Karakter IPB

IPB tidak hanya mengajarkan pendidikan yang berbasis ilmu pengetahuan atau yang bersifat softskill, karakternya pun turut dibangun agar menciptakan pribadi yang juga memiliki sifat yang baik. Lulusan perkuliahan memang seyogyanya menciptakan manusia yang seimbang antara pola pikir dan perilakunya. Dan karakter di kampus IPB ini bukan hanya dibentuk dari kegiatan-kegiatan pengajaran di perkuliahan, akan tetapi juga kegiatan di luar perkuliahan seperti kegiatan kemahasiswaan ataupun kegiatan yang diadakan oleh kampus.

Bahkan salah satu fakultas di IPB yang membahas pendidikan masyarakat, yaitu fakultas Ekologi Manusia, juga turut mencermati pendidikan karakter sebagai hal yang perlu untuk digali lebih dalam. Fakultas yang terdiri atas Departemen Gizi Masyarakat, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen dan Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat ini juga memiliki Labschool terpisah yang khusus mempelajari pendidikan karakter, umumnya untuk masyarakat dan khususnya untuk mahasiswa.

Labschool Pendidikan Karakter IPB, yang juga hasil kerjasama dengan pihak Singapura ini juga menjadi hal positif yang bisa kita banggakan. Di tengah krisis karakter bangsa, adanya pendidikan karakter seolah menjadi jalan keluar untuk lebih membangkitkan kembali karakter bangsa yang mulai pudar. Ditambah dengan pemberian pendidikan karakter di masa muda tentu akan lebih baik jika dibandingkan pemberian di masa anak-anak saja. Alasannya adalah karena selepas kuliah mereka akan menjadi bagian masyarakat yang menjadi agen perubahan dan juga harus menjadi bagian dari solusi bangsa bukan malah menambah masalah bangsa.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply