Pulau Sangiang

pulau sangiang

Berwisata ke Provinsi  Banten sepertinya tidak akan pernah membosankan. Pasalnya provinsi ini memiliki berbagai jenis potensi wisata yang menarik. Mulai dari objek wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, wisata budaya, dan berbagai objek wisata lainnya terdapat di sini. Salah satu objek wisata andalannya adalah pulau yang terkenal dengan julukan “Seven Wonders of Banten”, yaitu Pulau Sangiang.

Pulau Sangiang merupakan taman wisata alam yang terletak di Selat Sunda, Banten, dan masih masuk ke dalam wilayah Anyer. Pulau Sangiang ini merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia dan merupakan habitat flora dan fauna langka. Di pulau ini terdapat banyak spot yang bisa dikunjungi, antara lain Pantai Perawan, spot diving dan snorkeling, hingga Gua Kelelawar. Pulau Sangiang yang terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang dengan letak geografisnya antara 105′49′30″ – 105′52′ Bujur Timur 5′56′ – 5′58′50″ Lintang Selatan di Provinsi Banten. Pulau ini memiliki terumbu karang dan juga hutan mangrove yang terbentang di sepanjang pesisir.

Pulau Sangiang terletak di daerah Anyer, untuk menuju kesana kita harus menyebrangi lautan dengan jarak tempuh ± 1 jam dengan kapal pariwisata. Pelabuhan Paku adalah nama dermaga tempat bersandarnya kapal pariwisata untuk ke Pulau Sangiang. Dari Jakarta untuk ke Pelabuhan Paku kurang lebih 4 jam perjalanan. Pulau seluas sekitar 720 hektar ini menyimpan pesona keindahan alam yang membuat siapa pun takjub. Baik di darat maupun lautnya menawarkan banyak objek wisata yang menarik, sedikitnya terdapat 23 spot wisata yang bisa Anda jelajahi di pulau ini. Di sepanjang pesisirnya terbentang pantai berpasir putih di antaranya Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Mandi. Selain itu, Anda juga bisa mendaki tebing, menjelajahi goa tempat bersarangnya ratusan kelelawar, bahkan melihat peninggalan sejarah berupa bunker bekas kolonial Jepang.

Keistimewaan lain dari Pulau Sangiang adalah Anda bisa melakukan scuba diving, snorkeling, memancing, atau melihat keindahan terumbu karang dengan glass bottom boat. Jika ingin melihat pesona alam bawah lautnya, Anda bisa mengunjungi kawasan Tanjung Raden, Legon Waru, dan perairan di sebelah selatan pulau. Di kawasan ini, terdapat berbagai flora langka, seperti cemara laut (Casuarina Equisetifolia), dadap laut (Erithrina Variegata), bayur (Pterospermum Javanicum), ketapang (Terminalia Catappa), nyamplung (Callopphyllum Inoplhylum), api-api (Avicenia sp), waru laut (Hibiscus Tiliaceus), walikukun (Actinophora Fragrans), dan lain sebagainya.

Pulau Sangiang bukanlah pulau tak berpenghuni. Ada sekitar 50 kepala keluarga di satu rukun tetangga menghuni pulau ini. Walaupun telah dihuni manusia, kelestarian alam pulau ini masih terjaga dengan baik, terlihat dari pepohonan yang hijau dan alami, serta dihiasi juga dengan kicauan beraneka burung. Pulau Sangiang memang cocok dipilih sebagai salah satu tempat wisata Anda di Provinsi Banten. Berkat keindahan alamnya yang masih sangat alami maka tak heran bila banyak wisatawan yang sudah pernah datang liburan ke sini, menjulukinya seven wonders of Banten. Di kawasan Taman Wisata Alam Pulau Sangiang juga terdapat berbagai fasilitas  dan spot wisata seperti :

  1. Pos TNI AL
  2. Bangunan dan Meriam Jepang Peninggalan Perang Dunia II (Spot Foto)
  3. Reruntuhan Resort (Spot Foto)
  4. Pantai Batu Mandi Utara (Spot Sunset, bisa untuk mendirikan tenda)
  5. Menara Pandang (Spot Foto)
  6. Batu Raden ( Spot Snorkeling dan Diving )
  7. Berlin Wall ( Spot Snorkeling dan Diving )
  8. Tembuyung – Dermaga Utama Pulau Sangiang (Bisa untuk mendirikan tenda, Spot Snorkeling dan Diving )
  9. Rawa Tembuyung (Spot Foto)
  10. Legon Waru (Spot Snorkeling dan Diving )
  11. Muara Hutan Bakau (Canoing)
  12. Perkampungan Penduduk (Spot Foto)
  13. Pantai Pasir Panjang (Spot Foto dan bisa untuk mendirikan tenda)
  14. Legon Bajo ( Spot Snorkeling dan Diving )
  15. Tanjung Bajo Timur ( Spot Diving )
  16. Tanjung Bajo Barat ( Spot Diving )
  17. Kedondong Timur ( Spot Diving )
  18. Kedondong Barat ( Spot Diving )
  19. Gunung Gede ( Spot Diving )
  20. Goa Kelelawar ( Spot Diving )
  21. Depan Kampung ( Spot Diving )
  22. Batu Mandi Utara ( Spot Diving )
  23. Batu Mandi Selatan ( Spot Diving )
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply