Air Terjun Iguazu

Air Terjun Iguazu

Air terjun Iguazu adalah nama air terjun yang berlokasi di Sungai Iguazu di perbatasan negara bagian Paraná di Brazil dan propinsi Misiones di Argentina. Air terjun ini membagi sungai menjadi bagian atas dan bawah. Nama Iguazu diambil dari kata dalam bahasa Guarani atau Tupi yang berarti ‘air’ dan uasu  yang berarti ‘besar’. Legenda menyebutkan bahwa dewa ingin menikahi seorang wanita bernama Naipí, yang kemudian pergi dengan kekasihnya Taroba dengan kano. Dewa menjadi marah dan membelah sungai sehingga terciptalah air terjun dan mereka berdua jatuh ke dalamnya. Orang Eropa pertama yang menemukan air terjun ini adalah penjelajah Spanyol bernama ‘Conquistador Álvar Núñez Cabeza de Vaca’ di tahun 1541, yang juga diabadikan untuk nama bagian air terjun di sisi Argentina. Air terjun ini lalu ditemukan kembali oleh Boselli di akhir abad ke-19, dan salah satu nama air terjun lain di sisi Argentina diambil dari namanya.

Air terjun Iguazu yang terdapat di Sungai Iguazu ini adalah salah satu air terjun terbesar di dunia. Air terjun ini membentang lebih dari 2.700 m dalam bentuk setengah lingkaran. Dari 275 air terjun yang jatuh secara kolektif membentuk Air terjun Iguassu, ‘Tenggorokan Setan’ adalah yang tertinggi dengan ketinggian 80 m. Air terjun Iguazu terletak di perbatasan antara negara bagian Paraná, Brazil dan provinsi Misiones, Argentina dan dikelilingi oleh dua Taman Nasional (BR/ARG). Keduanya hutan hujan subtropis yang merupakan tempat tinggal ratusan spesies flora dan fauna langka dan terancam punah. Volume air terjun ini meningkat seiring datang musim hujan. Air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

Tinggi rata-rata kumpulan air terjun ini adalah 80 meter, dan terletak di antara 2 buah Taman Nasional milik ke dua negara. Bahkan konon, Air Terjun Niagara pun sebenarnya kalah besar dibanding air terjun Iguazu ini, sebab hanya memiliki tinggi sekitar 50 meter. Karena menjadi perbatasan bagi Brazil dan Argentina, maka ke 2 negara ini pun punya view sendiri dalam menikmati keindahan air terjun Iguazu yang dalam bahasa setempat artinya “Tenggorokan Setan”. Karena pesonanya yang menakjubkan, Air terjun Iguazu masuk dalam pemilihan New 7 Wonder kategori Nature di tahun 2011 lalu dan berhasil menjadi pemenang. Sebagai World Heritage atau “warisan alam” yang sangat indah, air terjun ini juga menjadi sumber kehidupan bagi beratus spesies flora fauna langka yang hidup di 2 Taman Nasional yang mengapitnya.

Taman nasional Air terjun Iguazu berada di perbatasan antara negara bagian Parana di Brasil dan provinsi Misiones di Argentina, tepatnya di kota Foz Do.  Meski kota ini tidak terlalu luas, namun memiliki sebuah warisan alam yang dapat dijadikan magnet untuk mendatangkan wisatawan tiap tahun, yaitu air terjun. Untuk mencapainya kita harus melintasi jalan utama yang sunyi dan dikelilingi pepohonan, saking sunyinya gemuruh air sudah bisa didengar walaupun lokasinya masih jauh. Sesampainya di tempat pemberhentian  kita akan melintasi jalan panjang yang sudah di semen dan dilengkapi pagar untuk melindungi wisatawan. Di tengah perjalanan yang sedikit mendaki itu, wisatawan akan dihibur oleh segerombolan aquais yang menyerupai sigung. Hewan ini kerap kali menghampiri pengunjung jika mereka memegang makanan. Bulunya yang tebal membuat sesiapa saja yang melihatnya akan menyukai.

Kelelahan akibat perjalanan, akan terbalas dengan keindahan air terjun yang memilik tinggi maksimum 75 meter dengan jarak lebar terjauh 2,7 kilometer. Ada satu keunikan yang akan ditemui, yakni terdapatnya air terjun serupa yang tersusun dua dengan arus yang cukup deras. Meski terlihat biasa saja laiknya air terjun pada umumnya, namun kita dapat menikmati nuansa luar biasa bilamana kita berhasil mencapai Garganta Del Dablo atau kerongkongan iblis. Warga sekitar menamainya demikian karena pada titik tersebut merupakan tempat jatuhnya air dengan kekuatan sangat besar ke dalam ceruk yang sangat dalam. Tiba di Garganta Del Diablo kita akan di suguhkan pemandangan luar biasa, bagaimana suara air yang menderu-deru memekakan telinga seperti hempasan raksasa air yang jatuh, dan siap-siap pakaian kita akan basah karena air yang begitu deras. Maka tak heran semua keindahan yang dimiliki air terjun Iguazu, membuat  UNESCO memasukannya menjadi salah satu keajaiban yang dimiliki dunia dan merupakan salah satu tujuan objek wisata saat liburan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply