Wisata Alam Gunung Guntur

gunung guntur

Wisata alam Gunung Guntur merupakan objek wisata pengunungan yang terletak di Kecamatan Tarongong kaler, Jawa Barat, tepat nya di Kampung Dukuh Desa Panajung. Dengan luas wilayah sekitar 250 hektar, saat ini objek wisata Gunung Guntur dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2249 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini memiliki bentang alam berupa padang savanna dengan beberapa puncak di sekelilingnya. Pemandangan dari atas sini sangat terbuka luas dengan suguhan panorama indah yang terbentang sepanjang mata memandang. Tidak hanya itu, lokasi Taman Wisata Alam ini juga menyuguhkan beberapa objek wisata lainnya yang bisa anda kunjungi seperti air terjun, sungai, lembah dan dua buah kawahnya yang bernama kawah pangkalan dan kawah gandapura.

Ketika anda mengunjungi Gunung Guntur, anda akan dihadapi dengan pemandangan kawah vulkanik yang berada di puncaknya. Disamping itu anda juga akan menyaksikan pemandangan pepohonan yang lebat dan hijau serta udara yang sangat dingin dengan ketinggian kurang lebih sekitar 2000 meter dari permukaan laut. Objek Wisata Gunung Guntur sangat cocok sekali bagi para wistawan yang gemar mendaki dan berjalan cukup jauh pada ketinggian tertentu dengan kapasitas udara yang semakin menipis. Gunung ini juga memiliki beberapa bukit dengan ketinggian mulai dari 1000 meter hingga 1300 meter dan medan yang cukup berat untuk menuju ke puncaknya.

Banyak objek menarik yang bisa dinikmati di sekitar lokasi gunung Guntur. Seperti pemandian air panas, Sungai dan Air terjun Citiis. Panorama kawah dan pemandangan alam sekitarnya pun tak kalah indahnya. Mendaki gunung ini pun tidak memerlukan waktu yang begitu lama. Hanya diperlukan waktu sekitar empat jam saja sehingga bisa ditempuh bolak-balik atau jika betah untuk berlama-lama anda bisa pula bermalam dengan mendirikan tenda. Faktor geografis dan keadaan lingkungan disekitar Gunung inilah yang sulit sekali di tempuh, dimana pada beberapa spot mempunyai kemiringan yang cukup curam di sertai dengan material tanah dengan pasir yang berbatu, jadi para pendaki harus lebih memperhatikan langkah demi langkah agar tidak terperosok jatuh.

Perjalanan dari lokasi batas penambangan pasir sampai menuju air terjun citiis, jalur yang dilalui masih cukup landai dengan melintasi kawasan hutan dan aliran air terjun di sisinya. Terdapat pula sebuah lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda di sekitar air terjun. Cocok bagi anda yang ingin bermalam di sekitar sini. Dari air terjun perjalanan masih tergolong landai sampai batas pohon cemara yang terdapat plang. Dari sini barulah pendakian anda akan mulai benar-benar menanjak dengan medan berupa batuan kerikil kecil. Vegetasinya juga sudah mulai berubah, yaitu berupa padang savana dengan pohon pinus yang hanya tumbuh beberapa batang di dekat jalur.

Dari sini sampai selanjutnya perjalanan anda akan terus melalui padang savana. Jika pendakian dilakukan saat siang hari maka akan terasa sekali terik matahari yang menyengat kulit. Sampai sekitar dua jam berjalan terus menanjak maka tibalah anda di puncak 1. Di puncak ini terdapat lahan datar yang bisa untuk mendirikan tenda, namun anda harus berhati-hati dengan tiupan angin kencang yang datang karena lokasinya yang terbuka tanpa ada pepohonan yang melindungi. Di puncak 1 anda dapat melihat pemandangan kawah di sisi kirinya, sedangkan di sisi selatan akan terlihat pemandangan gunung cikuray yang berdiri dengan gagahnya.

Dari puncak 1 kemudian perjalanan dilanjutkan menuju puncak 2 yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Medan awal yang dilalui masih cukup landai dengan vegetasi masih berupa padang savana. Sampai akhirnya mendekati punggungan, jalur akan kembali menanjak sampai menuju puncak 2. Puncak ini ditandai dengan adanya tugu triangulasi geodesi ITB. Disinilah biasanya pendaki akan bermalam dan meninggalkan barang bawaannya sebelum melanjutkan ke puncak 3 dan puncak 4 yang jaraknya tidak begitu jauh. Pemandangan di puncak 2 cukup terbuka luas, dimana gunung cikuray dan gunung papandayan sangat jelas terlihat dari sini. Pendakian selanjutnya menuju Puncak 3 atau disebut puncak tertingginya dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dengan medan dan vegetasi yang masih relatif sama dengan jalur sebelumnya. Dari puncak 3 akan terlihat puncak 4 yang tingginya lebih rendah dari puncak 3.

Menuju Puncak 4 dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dengan melintasi jalur turunan dan kembali naik sampai akhirnya tiba di puncak 4. Keadaan puncak 3 dan puncak 4 cukup landai dan merupakan kawasan terbuka. Dari sisi Timur akan terlihat pemandangan puncak gunung masigit dan gunung parupuyan yang merupakan puncak kembaran gunung Guntur ini. Dari sisi Barat tampak pula pemandangan danau Bagendit dan pemandangan kota Garut dengan deretan pegunungan lain yang mengitarinya. Dari sisi Selatan tampak menjulang tinggi gunung Cikuray dan gunung papandayan yang mengeluarkan asap belerangnya. Sedangkan di sisi Utara pemandangan pegunungan yang menghijau tampak sangat menyejukkan mata.  Gunung guntur ini dapat dijadikan salah satu objek wisata untuk liburan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply