Wisata Air Terjun Moramo

Mungkin masih terdengar asing di telinga anda tentang objek wisata Air Terjun Moramo yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air terjun di sana sangat berbeda dari kebanyakan objek wisata air lainnya di Indonesia, di mana anda akan melihat air yang turun dari ketinggian 100 meter secara bertingkat-tingkat. Para wisatawan datang banyak yang berspekulasi bahwa ada sekitar 7 tingkatan di Air Terjun tersebut, dan beberapa orang lainnya mengatakan 10 tingkatan. Apapun itu, pemandangan di Air Terjun Moramo sangat indah dan segar sekali, serta kononnya tempat tersebut digunakan sebagai area pemandian bidadari dari khayangan.

Udara di Air Terjun Moramo sangatlah sejuk karena berada di wilayah Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa yang merupakan kawasan hutan lindung di Sulawesi Tenggara. Oleh sebab itu banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke air terjun ini karena pesona keindahan alamnya dan udaranya yang bersih dan sejuk. Obyek wisata Sulawesi Tenggara ini juga memiliki sumber daya alam yang berupa batu marmer. Menurut penelitian, diperkirakan kandungan marmer yang berada di kawasan ini mencapai 860 milyar meter kubik. Dan merupakan sumber cadangan marmer terbesar yang ada di dunia.

Air terjun yang memiliki 7 undakan utama dan 60 undakan kecil dengan ketinggian kurang lebih sekitar 100 meter ini merupakan habitat yang baik bagi burung dan kupu-kupu serta satwa lainnya. 60 undakan kecil yang juga merupakan sebuah kolam kecil ini hanya satu yang bisa digunakan untuk berenang. Kolam yang bisa digunakan untuk berenang yaitu kolam yang berada di undakan kedua dari tujuh undakan utama Air Terjun Moramo. Dari berbagai kombinasi antara hutan lindung, obyek wisata air terjun dan habitat aneka satwa merupakan daya tarik dari obyek wisata Sulawesi ini.

Tidak hanya itu daya tarik dari air terjun ini, batuan-batuan yang tersusun menjadi undakan juga sangat indah. Wisatawan bisa berfoto di atas undakan-undakan tersebut. Jangan takut, meski undakan tersebut menjadi aliran air, tetapi batuan-batuan tersebut tidaklah licin. Objek Wisata Air Terjun Moramo terletak di daerah Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa yang merupakan wilayah Hutan Lindung di daerah Sulawesi Tenggara.

Karena hal tersebutnya anda masih dapat menyaksikan pemandangan alamnya yang masih asri dan melihat beberapa hewan-hewan langka hidup di sana, seperti burung, kupu-kupu, monyet, ular, dan jenis-jenis hewan lainnya. Untuk mengunjungi objek wisata Air Terjun Moramo, anda dapat menggunakan angkutan umum ataupun dengan kendaraan pribadi dari bandara Walter Monginsidi yang searah menuju ke daerah Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa. Namun dari tempat parkir kendaraan, anda harus berjalan kaki dan menempuh jarak sekitar 2 kilometer untuk sampai ke lokasi tujuan. Air terjun moramo bisa di jadikan sebagai tujuan wisata untuk liburan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply