Wisata Selecta Malang

Wisata selecta malang melengkapi koleksi tempat wisata Malang dengan cirri khas keindahan taman yang cocok untuk taman rekreasi keluarga. Keindahan Selecta terlihat alami nan mempesona karena memang letaknya di ketinggian 1150 m dpl dan sangat mudah dijangkau. Taman Selecta berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Wisata Batu Jawa Timur. Dari pusat pemerintahan kota Batu hanya berjarak 6 km, setengah jam perjalanan dari kota Malang kea rah barat dan 2 jam perjalanan dari Surabaya ke arah selatan. Selecta sudah lama dikenal sebagai tempat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kota besar. Selecta selain sebagai tempat liburan dan refreshing, ternyata juga memiliki sisi sejarah heroik dalam rangakian peristiwa berdirinya Republik Indonesia.

Areal yang kini dikenal sebagai taman Selecta ini dulunya dimiliki oleh salah seorang penjajah Belanda. Sejak tahun 1928, Selecta menyimpan kenangan historis dan peristiwa di jaman revolusi. Bung Karno selaku proklamator dan presiden pertama RI, konon kabarnya banyak  merenung dan menrmukan ilham untuk kembali menyatukan bekas kerajaan besar Majapahit dan kerajaan-kerajaan lain di Indonesia seperti Sriwijaya, Mataram, hingga kerajaan di wilayah timur Indonesia. Dari salah satu sudut taman Selecta inilah, tahun 1942 saat pendudukan Jepang,selama 15 hari Bung Karno dan beberapa tokoh kemerdekaan RI menginap di Villa De Brandarice yang kini dikenal dengan Vila Bima Shakti. Di Selecta inilah, Bung Karno beserta tim menyusun ide perjuangan hingga lahirlah teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Bung Hatta sebagai satu kesatuan Dwi-Tunggal Soekarno-Hatta, menjelang Konferensi KNIP tahun 1956 juga pernah singgah di Villa Bima Shakti. Ketika itu, Bung Hatta menyelesaikan Keris Semangat yang menjadi cikal bakal perekonomian Indonesia. Pemikiran luar biasa Bung Hatta dengan menggerakkan rakyat untuk menjadi pemeran utama penggerak roda perekonomian Indonesia dimulai dengan koperasi. Namun sepertinya cita-cita luhur proklamator ini hingga kini belum terwujud karena masih banyak kita dapati oknum-oknum birokrasi yang mata duitan.  Dengan semangat ekonomi kerakyatan ala Bung Hatta itu hingga kini doktrinnya masih dipakai oleh pihak manajemen PT Selecta. Salah satu prinsip ekonomi kerakyatan adalah dengan mengatur keuangan sehingga sebisa mungkin tidak berhutang. Dan menurut Samuel Rusdy, Direktur Utama PT Selecta menerangkan bahwa hingga kini Selecta menjadi besar dan tercatat sebagai pembayar retribusi pajak besar di Kota Wisata Batu. Selain itu, Selecta juga tergolong yang paling disiplin dalam masalah pajak.

Taman Selecta mencakup areal seluas 18 hektar. Soal keindahan panorama Selecta,bangunan Villa Bima Shakti merupakan vila tertinggi di alam pegunungan Kota Batu. Dari Vila Bim Shakti,  seluruh Kota Batu dan sekitarnya bisa dipandang dengan segala keindahannya baik pagi, sore, atau malam hari. Keindahan Taman Selecta semakin lengkap karena lokasinya yang berada di puncak bukit dengan dikelilingi GunungPanderman, Gunung Arjuno, Gunung Anjasmoro, serta Gunung Welirang. Keempat gunung tersebut saat ini masih mengepulkan asap belerang.

Sebagai pelengkap cerita sejarah ternyata Selecta pernah dibumi hanguskan saat jaman revolusi tahun 1949. Selecta resmi berdiri kembali dan menjadi Perseroan Terbatas (PT) pada 19 Januari 1950 serta menjadi milik masyarakat yang terakomodasi dalam kepemilikan saham. Dan saat ini Selecta telah mempunyai total 5000 saham dengan jumlah pemegang saham sebanyak 1010 orang.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply