Gunung Rinjani

Menyusuri keindahan Gunung Rinjani memang tidak akan pernah habisnya. Selain akan dibuang terperangah dengan keindahan pura cantik yang terbentuk akibat letusan gunung tersebut, anda pun akan sulit memalingkan muka dengan jalur pendakian yang beragam menuju ke gunung yang memiliki puncak dengan ketinggian 3.726 mdpl ini. Terdapat jalur pendakian yang termudah hingga yang paling menantang dan patut anda ketahui.

Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Sebagai salah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, gunung ini mengharuskan setiap pengunjung melakukan ijin terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Selain menciptakan ketertiban dalam hal administrasi, juga mempermudah petugas terkait dalam mengontrol siapa saja pengunjung yang berada di area gunung tersebut. Adapun jalur pendakian Gunung Rinjani adalah sebagai berikut:

  1. Jalur Senaru
  2. Jalur Sembalun
  3. Jalur Torean
  4. Jalur Timbanuh

Keempat jalur terseburt menawarkan tantangan tersendiri, baik medan terjal, lama waktu yang ditempuh atau faktor-faktor lainnya. Namun, beberapa pengunjung yang melakukan pendakian mengatakan bahwa mendaki gunung Rinjani yang paling menantang adalah melalui jalur Sembalun. Karena anda akan menghadapi tebing yang cukup curam dimana jika anda tidak berhati-hati, tubuh anda akan terjatuh ke bawah.

Selain jalur pendakian yang menantang, Gunung Rinjani punya keunikan tersendiri dibanding gunung-gunung lain di Indonesia. Di puncak pundennya terdapat danau yang dinamai Segara Anak. Jangan coba-coba berenang di sana. Namun, sudah jelas bahwa eksotisme mendaki gunung Rinjani merupakan salah satu aktivitas yang sayang sekali untuk anda lewatkan. Apapun jalur yang anda pilih tetaplah berhati-hati mendaki Gunung Rinjani.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply