Pantai Bandengan R.A.Kartini

Jepara selain sebagai kota sejarah di mana R.A. Kartini dilahirkan ternyata juga menyimpan pesona keindahan alamnya. Dan masih berkaitan dengan dakwahnya Sunan Muria menyebarkan islam di tanah Jawa. Pantai Bandengan di Jepara termasuk obyek wisata terkenal. Letaknya ada di desa Bandengan, kecamatan Jepara, kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai Bandengan melengkapi daftar tujuan wisata di pesisir utara Pulau Jawa. Bandengan sendiri adalah nama pemberian Sunan Muria.

Saat itu ketika hendak menyebrang ke Karimun Jawa, ditemui banyak ikan Bandengan di pantai itu dan dinamakanlah Pantai Bandengan. Pantai ini juga menjadi tempat wisata favorit Raden Ajeng Kartini kala itu bersama dengan beberapa bangsawan Belanda. Pantai Bandengan tergolong rimbun dengan pepohonan. Di Sana anda bisa menemui rerimbunan tinggi pohon pandan dan perdu. Pesisir pantainya berpasir putih dan airnya yang jernih tentu membuat anda terpesona. Dasar lautnya tergolong landai sehingga sangat cocok untuk tempat wisata pantai berenang dan voli pantai. Pantai Bandengan memiliki nama lain yaitu Pantai Tirta Samudera.

bandengan beach

Selain pesona pasir putih, air laut yang jernih, dan hijaunya pepohonan yang membuat anda puas masih ada lagi obyek wisata lain yaitu pulau di tengah laut. Pulau itu namanya Pulau Panjang. Di pulau ini banyak flora dan fauna bisa ditemui. Untuk ke pulau Panjang, anda bisa menyesa perahu atau kapal. Cukup dengan Rp 5.000,- untuk mengelilingi pantai dan Rp 10.000,- untuk menyebrang ke Pantai Panjang. Jika anda mengunjungi Pantai Bandengan di senja hari, tentu akan indah sekali menikmati sunset alias matahari tenggelam. Momen ini sangat romantis untuk keluarga atau berfoto bersama kolega. Indahnya sunset akan lebih lengkap dengan menikmati hidangan di restoran sepanjang pantai. Ada restoran yang menyediakan pizza, seafood, dan kuliner khas Jepara lainnya.

Sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, bandengan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti shelter (tempat istirahat sementara di lokasi pantai), kapal wisata, mushola, toliet dan tempat pemandian umum, mini market, motel/rumah penginapan, rumah makan (yang menjajakan makanan khas seperti kerang rebus, rajungan, ikan bakar, dan pindang srani), dan lain-lain. Untuk anda yang suka tantangan permainan air, bisa mencoba naik Banana Boat. Cukup dengan menyewa Rp 75.000, anda bisa menguji adrenalin di atas banana boat. Selain itu,  ada juga penyewaan jet ski, atv, dan kano untuk satu atau dua orang. Selesai bermain air, anda bisa langsung membersihkan diri di kamar mandi yang telah disediakan.

Sebagai tempat wisata yang terkenal, tidak susah mencari angkutan menuju pantai bandengan. Pemda kabupaten Jepara sudah menyediakan berbagai sarana jalan dan pilihan moda transportasi. Dari kota mana saja misal Semarang, Kudus, Demak, Purwodadi, atau yang lainnya langsung saja menuju ke terminal bus Jepara. Dari terminal bus ini, sudah ada angkutan umum yang langsung menuju Pantai Bandengan dengan tarif sekitar Rp 5.000,-. Selain ke Jepara untuk mengunjungi Pantai Bandengan untuk liburan, anda juga bisa melihat-lihat ukiran khas Jepara yang sudah kondang di seluruh Indonesia dan dunia.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply