Wisata Alam Air Terjun Gedangan

Air Terjun Gendangan lokasinya berada di Kab. Bantul, Yogyakarta, Pulau Jawa, Indonesia. Untuk Anda pecinta wisata alam terutama yang lokasinya berada di kawasan jogja yang terkenal memiliki banyak sekali pantai dengan potensi yang sangat bagus untuk dijadikan tempat wisata dan pantai yang sudah terkenal seperti pantai Parangtritis.

Air terjun Gedangan ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan muara yang berada dibawahnya hanya sedalam kurang lebihnya 1 meter. Air terjun ini juga dikenal dengan nama lainnya yaitu Air Terjun Seribu Batu karena disekitar lokasi air terjun ini banyak dikelilingi oleh bebatuan yang asalnya dari gunung api tua Ngelanggran. Air Terjun Seribu Batu ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan air terjun yang lainnya.

Air yang mengalir dari air terjun ini juga dipercayai mempunyai banyak manfaat, terutama untuk yang ingin terlihat awet muda dan juga mempererat hubungan antara suami-istri. Ada pula air terjun lain, seperti Grejeng, Kedung Progo, Kedung Blimbing dan juga Kedung Grojog akan tetapi Air Terjun Gedangan adalah air terjun yang paling sering dikunjungi orang.  Lokasinya berada di kawasan Giriloyo, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta. Untuk Anda yang ingin menuju air terjun ini bisa menempuh waktu sekitar 30 menit dengan jalan kaki dari pemukiman warga setempat.

Ada dua pilihan untuk dapat menuju kesana, pertama melewati salah satu dusun yang ada di Kelurahan Wukirsari dengan melewati jalan beraspal atau yang kedua melewati jalan tanah yang masih sangat alami. Jika Anda memilih untuk melalui jalur jalan tanah akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 45 menit dengan jarak tempuh kurang lebihnya sekitar 1,5 km dan lebar jalannya sekitar  30-50 cm. Kondisi jalan tanah yang akan dilalui cukup terjal dan jika cuaca sedang hujan akan menjadi becek dan penuh dengan lumpur. Air Terjun Gendangan ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata untuk liburan keluarga.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply