Muara Sungai Terbalik Di Pantai Santolo

Garut selalu identik dengan dodol dan kerajinan kulit yang nyaris menjadi incaran para wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Namun, selain kedua hal tersebut terselip beberapa obyek wisata alam yang patut anda ketahui. Salah satunya ialah Pantai Santolo Indah. Obyek wisata yang satu ini terletak di Pamengpeuk, Kecamatan Cikelet, sebelah selatan pusat Kota Garut.

Pantai Santolo yang dapat ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat kota Garut ini memilki pemandangan pegunungan yang berkelok-kelok dan hamparan pasir putih yang lembut. Pantai ini berdekatan dengan kampung nelayan, tempat pelelangan ikan dan restoran yang menyajikan hasil tangkapan laut yang akan anda temukan di sepanjang jalan menuju Pantai Santolo ini.

Jika anda sering menemukan air sungai yang mengalir ke lautan, maka di Pantai ini berlaku sebaliknya. Pantai mengalirkan air menuju ke Sungai Cilauteureun. Pemberian nama sungai tersebut pun dikarenakan air laut di muara ini begitu tenang, seakan-akan airnya berhenti mengalir. Jika anda pergi menuju sisi barat muara tersebut, anda akan menemukan curugan dimana air laut yang mengalir masuk ke dalam muara sungai, bukan seperti pada umumnya.

Keunikan yang terjadi pantai ini dianggap sebagai salah satu dari dua keunikan pantai yang ada di dunia. Dan pantai yang memiliki keunikan yang sama dengan pantai ini berada di Perancis. Dengan keindahan panorama yang terdapat di Pantai Santolo, serta keunikan yang jarang untuk anda temui di pantai-pantai yang lain, sangatlah wajar jika banyak wisatawan yang menyempatkan diri ke pantai ini saat berkunjung ke Garut.

Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati Rancabali- Naringgul -Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Wisatawan dari Bandung bisa melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan. Sepanjang perjalanan, wisatawan juga akan menikmati pemandangan pegunungan Garut nan hijau serta melintasi perkebunan teh. Pantai Rancabuaya lokasinya agak terpisah dari wisata pantai lain di Garut. Dari Kota Bandung jaraknya sekitar 160 kilometer, atau sekitar 100 kilometer dari ibu kota Garut. Air lautnya nampak membiru dari atas bukit. Pesisir pantainya yang landai nampak memutih karena pasirnya yang putih dan lembut.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply